LAPORAN PELAKSANAAN

KEGIATAN EKSTRA KURIKULER PRAMUKA

SMK NEGERI 1 BAWANG
TAHUN 2006/2007

A. Pendahuluan

1. Latar Belakang

Kegiatan Ekstra Kurikuler adalah kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran dan pelayanan konseling untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah. Salah satu kegiatan ekstra kurikuler yang dilaksanakan di SMK N 1 Bawang, adalah ekstra kurikuler Pramuka, dimana ekstrkurikuler Pramuka merupakan jenis ekstra kurikuler Krida (bersama Paskibra, PKS, PMR), yang mempunyai visi berkembangnya potensi, bakat dan minat secara optimal, serta tumbuhnya kemandirian dan kebahagiaan peserta didik yang berguna untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat.

2. Maksud dan Tujuan

Maksud laporan ini adalah:

a. Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler Pramuka di SMK Negeri 1 Bawang

b. Memaparkan perkembangan kegiatan ekstra kurikuler Pramuka di SMK Negeri 1 Bawang

Tujuan laporan ini adalah:

a. Mempublikasikan kegiatan ekstra kurikuler Pramuka di SMK Negeri 1 Bawang

b. Evaluasi kegiatan ekstra kurikuler Pramuka di SMK N 1 Bawang

3. Masalah Pokok yang Dilaporkan

Masalah pokok yang dilaporkan adalah bagaimanakah pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler Pramuka di SMK N 1 Bawang

4. Pendekatan dan Sistematika Laporan

Pendekatan yang digunakan dalam laporan ini adalah Analisis deskriptif kualitatif

Sistematika Laporan Kegiatan Ekstrakurikuer ini terdiri dari Pendahuluan (Latar Belakang, Maksud dan Tujuan, Masalah Pokok yang Dilaporkan, Pendekatan dan Sistematika Laporan), Data Peserta, Data Kegiatan, Prestasi, Masalah yang Dihadapi, Analisis Masalah, Kesimpulan dan Saran.

B. Data Peserta

Peserta kegiatan ekstra kurikuler Pramuka adalah siswa/siswi SMK N 1 Bawang yang secara sukarela megikuti kegiatan ekstra kurikuler Pramuka.

Daftar peserta terlampir.

C. Data Kegiatan

Kegiatan-kegiatan ekstra kurikuler Pramuka yang telah dilaksanakan dalam tahun pelajaran 2006/2007, meliputi kegiatan-kegiatan yang bersifat rutin, kegiatan-kegiatan yang bersifat khusus dan kegiatan-kegiatan undangan dari pihak lain.

Kegiatan rutin yang diselenggarakan berupa, latihan rutin. Kegiatan yang bersifat khusus, berupa kegiatan perkemahan sabtu minggu (persami), gladian pemimpin sangga (DIANPINSA), latihan bersama gudep lain, dan kegiatan khusus lainnya. Sedangkan kegiatan undangan dari pihak lain, berupa gladian pimpinan satuan (DIANPINSAT), Raimuna, dan Lomba.

Daftar kegiatan terlampir.

D. Prestasi

Prestasi yang telah diraih Gugus Depan SMK N 1 Bawang, selama tahun 2006/2007 adalah:

1. Juara III Gudep Tergiat Putri pada kegiatan Raimuna Ranting Bawang di Lapangan Gemuruh

2. Juara I LCTK Kepramukaan dan Penanggulangan Narkoba pada kegiatan TKP3N se-eks Karisidenan Banyumas di UMP Purwokerto

3. Juara II LKIR Kepramukaan dan Penanggulangan Narkoba pada kegiatan TKP3N se-eks Karisidenan Banyumas di UMP Purwokerto

4. Tiga anggota terpilih mewakili Kwarcab Banjarnegara mengikuti Perkemahan Wirakarya Daerah yang diadakan Kwarda Jawa Tengah di Klaten.

E. Masalah yang Dihadapi

1. Minimnya peserta ekstra kurikuler Pramuka.

2. Belum adanya ruang Pramuka sehingga banyaknya peralatan Pramuka yang hilang, dan administrasi yang tercecer.

F. Analisis Masalah

Dari masalah yang dihadapi dapat dianalisis beberapa penyebab permasalahan yang terjadi:

1. Pelaksanaan ekstra kurikuler Pramuka, yang dilaksanakan hari Jumat pukul 13.00-15.00, pelaksanaanya bersamaan dengan ekstra kurikuler lainnya. Kegiatan ekstra kurikuler lain yang dilaksanakan hari Jumat antara lain: PMR, Olah raga, Seni Tari, Seni Musik dan Rohis.

2. Memasuki semester kedua terjadi penurunan drastis jumlah peserta Pramuka, dikarenakan kegiatan siswa yang padat, berupa kegiatan kewirausahaan.

3. Belum adanya ruang pramuka, mengakibatkan banyaknya peralatan Pramuka yang hilang, seperti tali, pasak, lampu, kompor dan lain-lain. Selain itu karena belum adanya tempat penyimpanan yang layak, kegiatan pramuka masih menginduk di ruang OSIS. Akan tetapi karena padatnya kegiatan OSIS, dan juga longgarnya pengawasan, maka administrasi pramuka banyak yang tercecer. Akan tetapi dikarenakan jumlah ruang di SMK, masih terlalu sedikit dibandingkan kebutuhan, sehingga ruang untuk Pramuka belum dapat terrealisasi.

G. Kesimpulan

Dari laporan di atas dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:

Kegiatan ekstra kurikuler Pramuka di SMK Negeri 1 Bawang, telah dilaksankan dengan sebaik mungkin, kegiatan yang direncanakan dalam progrram kerja, telah dilaksankan dengan baik dan dibuktikan dengan beberapa prestasi yang telah diraih, akan tetapi masih ada maslah berkaitan dengan kegiatan ekstra kurikuler Pramuka, yaitu minimnya minat siswa/siswi SMK Negeri 1 bawang dan belum adanya ruang khusus tempat penyimpanan perangkat administrasi dan peralatan Pramuka.

H. Saran

Saran yang dapat disampaikan untuk pengembangan kegiatan ekstra kurikuler Pramuka selanjutnya:

1. Perlunya tempat/ruang khusus untuk kegiatan ekstra kurikuler Pramuka, supaya administrasi dan peralatan bisa lebih tertata dan meminimalkan resiko kehilangan peralatan

2. Perlunya sosialisasi lebih gencar untuk lebih menarik minat siswa/siiswi SMK Negeri 1 Bawang mengikuti kegiatan ekstra kurikuler Pramuka.